Kamis, Juli 22, 2010

Data Pokok SMK

Yth. Koordinator Pusat TIK SMK
di Seantero Nusantaro

Assalamualaikum wr wb
Sehubungan dengan semakin besarnya tuntutan manajemen baik di Direktorat maupun di Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/ Kota akan keterkumpulan dan keakuratan data pokok SMK tahun 2010 terutama keakuratan data kompetensi keahlian, data Siswa per Kompetensi Keahlian dan data sarana prasarana SMK dan lain-lain, untuk itu tim pendataan pusat TIK SMK agar dapat memperhatikan hal-hal berikut :
1. Data Kompetensi keahlian dan akreditasi agar dapat dikoreksi dan divalidasi ulang kebenarannya dikarenakan masih ditemukan beberapa ketidak akuratan ketika akan digunakan untuk keperluan persiapan UN.
2. Data siswa agar disikan dengan data yang valid dikarenakan data akan digunakan untuk keperluan perhitungan jumlah siswa kelas 3 (calon peserta ujian nasional TP 2010/2011) per kompetensi keahlian per kabupaten sebagai dasar penghitungan jumlah soal UN yg akan digandakan sesuai kompetensi keahlian yang ada.
3. Data Kondisi Sarana Prasarana agar dapat dilengkapi dan divalidasi karena sebagai dasar pertimbangan pengembangan SMK
4. Data Guru agar dapat dilengkapi dan divalidasi ulang karena akan digunakan untuk menghitung analisis kebutuhan guru terutama guru produktif SMK.
5. Data kerjasama dengan DU/DI diisikan dengan DU/DI yang relevan dengan kompetensi keahlian yang ada di SMK
6. Data identitas sekolah, alamat, telpon/ fax, status sekolah, data status operasional agar dapat divalidasi ulang karena masih ditemukan data yang belum akurat.
7. Data eksternal yang bersumber dari BPS apabila hanya tersedia data terbaru kurang dari tahun 2010, agar tetap dientrikan di aplikasi sebagai data tahun 2010 agar tidak kosong setiap tahun. Perhitungan jumlah penduduk usia 16-18 tahun apabila tersedia di BPS jumlah penduduk usia 15-19 tahun maka dapat menggunakan rumus berikut :
Jumlah Penduduk usia 16-18 tahun = (18-16+1)/(19- 15+1) x jumlah penduduk usia 15-19 tahun
8. Menggunakan aplikasi data pokok SMK selain dimungkinkan mengentri lewat jaringan juga bisa digunakan dengan mengentri data oleh sejumlah orang sesuai jumlah kecamatan yang ada.
9. File *.SQL hasil backup aplikasi data pokok SMK agar diberi nama sesuai standar penamaan sesuai pada manual : DPSMK_Prov_. ....Kota_ ......... ..TP1011_ tgl_bln_thn
10. Bagi kabupaten/kota yang mengalami pemekaran kecamatan dan telah dilakukan mutasi sekolah agar data yang dibackup adalah data 2 tahun terakhir yaitu data TP 2009/2010 dan 2010/2011 karena data pada aplikasi nasional akan dikosongkan terlebih dahulu untuk kabupaten bersangkutan sebelum digabungkan untuk menghindari duplikasi data.
11. File *.SQL hasil backup data agar dikompres dan dikirimkan hanya ke email tim data provinsi dan tim data Pusat: datapokok@ditpsmk. net agar memudahkan kami untuk mengetahui data terbaru yg dikirimkan rekan2x Pusat TIK SMK dari kab/kota (karena kami cukup membuka satu email tidak yg lain)
12. Data pokok SMK Tahun 2010 mulai awal agustus sudah dapat kami terima s.d akhir agustus diharapkan sudah terkumpul lengkap data tingkat nasional
13. Setiap ada temuan kekurangan pada aplikasi agar disampaikan pada kami lewat email dan mailist agar kami bisa memperbaiki software aplikasi dan file *.exe perbaikan akan disebarkan lewat milist
Demikian informasi dari kami agar menjadi perhatian. Atas kerjasamanya yang teramat baik disampaikan terima kasih. wassalam

Hormat kami
Tim Data Dit.PSMK

Tidak ada komentar: