Rabu, Maret 26, 2008

Cukup dengan Laptop, Jeroan Manusia Bisa Diintip

New Delhi - Sebuah laptop yang mampu memindai organ dalam manusia diperkenalkan oleh sebuah perusahaan teknologi medis di India. Dengan laptop ini, para dokter dapat dengan mudah memindai jantung, rongga perut, kandungan dan jeroan lainnya. Uniknya fungsi tersebut tidak meniadakan fungsi dasar laptop seperti mengetik dan berkirim email.

"Mesin ini memadukan antara fungsi laptop dengan mesin ultrasound. Mudah dibawa, digunakan dan dapat mengirimkan gambar hasil pemindaian langsung ke alamat email," tegas A B Sivasankar, direktur dari Trivitron Medical Systems, produsen alat tersebut, seperti dikutip JardiknasCilacap dari detikINET, Rabu (26/3/2008).

Sistem bernama Terason ini menggunakan basis perangkat setara dengan Apple Macbook. Bedanya yang digabungkan dengan chip set ultrasound dan teknologi tambahan lainnya. Bobot laptop berharga sekitar Rp 300 juta itu adalah sekitar tiga kilogram.

Teknologi laptop ini dilisensikan Trivitron dari Terason, perusahaan asal Amerika Serikat. Sejauh ini, Trivitron mengklaim, telah ada empat dokter di India yang menjadi pengguna produk ini.

Sebuah sensor yang ditautkan di laptop akan mengirimkan gelombang suara ke dalam tubuh pasien dan akan menampilkan gambar organ dalam pasien tersebut. Pasien dapat memperoleh print-out gambar hasil pemindaian tersebut langsung dari laptop yang sama.

Selain itu, gambar hasil pemindaian juga dapat dikirimkan via email. Meskipun ukuran mesin ini terbilang kecil, kualitas gambar hasil pemindaiannya tidak kalah dengan mesin pemindai pada umumnya.

Kehadiran laptop ini memudahkan dokter dalam menjalankan tugasnya. Pasien tidak harus datang ke rumah sakit jika akan melakukan pemindaian jantung, abdomen (rongga tubuh) dan bahkan untuk kehamilan.

Tidak ada komentar: