Selasa, Maret 04, 2008

Bobol Jutaan Komputer, Hacker Remaja Gaet US$ 20 Juta


Selandia Baru - Aktivitas hacker yang membahayakan pengguna komputer di seluruh dunia kembali terbongkar. Kali ini, seorang hacker remaja usia 18 tahun asal Selandia Baru berhasil ditangkap. Sang hacker menciptakan program jahat untuk menginfeksi jutaan komputer di berbagai belahan bumi.

Hacker usia 18 tahun bernama Owen Thorn Walker tersebut berhasil dibekuk dengan kerja sama kepolisian internasional. Menurut polisi, Owen merupakan pemimpin sebuah komplotan hacker internasional, yang telah menginfeksi 1,3 juta komputer.

Seperti dikutip JardiknasCilacap dari detikINET, Selasa (4/3/2008), tujuan aktivitas hacker ini adalah untuk mencuri nomor kartu kredit dan memanipulasi aktivitas saham di komputer korban.

Kepolisian Selandia Baru bekerjasama dengan kepolisian Belanda serta biro mata-mata Amerika Serikat, FBI (Federal Bureau Investigation), dalam usaha mengungkap kasus ini. Setelah melalui berbagai penyelidikan, Walker pun berhasil ditangkap.

Aktivitas komplotan hacker pimpinan Owen itu diduga menimbulkan kerugian sampai US$ 20 juta di seluruh dunia, kebanyakan karena pembobolan rekening bank. Owen, yang beroperasi dengan nama 'AKILL' itu kini menghadapi tuntutan hukum sampai sepuluh tahun penjara di pengadilan Selandia Baru.

Tidak ada komentar: