Kamis, Januari 31, 2008

Siap-Siap, Kode HTML Akan Alami Perubahan

Pengembang Piranti Lunak (inet)

Cilacap - World Wide Web Consortium (W3C), sebagai pihak yang berwenang mengatur kode Hypertext Markup Language (HTML), telah mengumumkan dokumen rancangan pertama (public working draft) untuk HTML 5. Ini akan menjadi perubahan besar pertama bagi HTML sejak HTML 4 yang ditelurkan Desember 1997.

HTML merupakan kode dasar yang digunakan untuk membuat halaman web. HTML 5 akan menyesuaikan dengan tren pengembangan situs belakangan ini yang banyak memanfaatkan multimedia dan partisipasi komunitas.

Termasuk dalam rancangan HTML 5 adalah Application Programming Interface (API) untuk membuat grafik dua dimensi, merekatkan dan mengendalikan multimedia pada halaman situs web, hingga manajemen penyimpanan data.

Pemanfaatan teknologi seperti Asynchronous Javascript and XML (AJAX) disebut sebagai salah satu pendorong dalam pengembangan HTML 5. W3C, seperti dikutip detikINET dari TheRegister, Kamis (24/1/2008), juga menyiapkan standar yang akan memudahkan aplikasi web berjalan melintasi desktop dan perangkat mobile.

Pengembangan HTML 5 dilakukan oleh kelompok Kelompok Kerja (Pokja) HTML dari W3C yang didirikan pada Maret 2007. Anggota Pokja antara lain termasuk Google, Microsoft, Mozilla, IBM dan Nokia.

Perbedaan antara HTML 5 dengan HTML 4, yang sekarang digunakan, bisa dilihat di http://www.w3.org/TR/html5-diff/. dikutip dari detiknet.com
(moko)

Tidak ada komentar: